BAB
I
PENDAHULUAN
SISTEM,
PENDEKATAN DAN FUNGSI MANAJEMEN
A. Latar Belakang
Banyak kesulitan yang terjadi dalam
melacak sejarah manajemen. Beberapa orangmelihatnya (dengan definisi) sebagai
konseptualisasi modern akhir (late modern conceptualization).Dalam istilah
tersebut manajemen tidak memiliki sejarah pra-modern, hanya merupakan
pertanda.Beberapa orang lainnya, mendeteksi aktivitas mirip-manajemen di masa
pra-modern. Beberapa penulis melacak perkembangan pemikiran manajemen pada
pedagang-pedangan Sumeria dan pembangun piramid Mesir. Para pemilik budak
selama berabad-abad menghadapi permasalahaneksploitasi/memotivasi budak yang bergantung
namun terkadang suka melawan (memaksa otoritas),namun banyak perusahaan pra-industri,
dengan skala mereka yang kecil, tidak merasa terdorongungtuk menghadapi
permasalahan manajemen secara sistematis. namun, inovasi seperti
penyebaransistem angka Hindu-Arab (abad ke-5 hingga ke15) dan kodifikasi
kesekretariatan entri-ganda(1494) menyediakan perangkat untuk penilaian, perencanaan
dan kendali manajemen.
Manajemen merupakan sebuah kegiatan;
pelaksanaannya disebut manajing dan orang yangmelakukannya disebut manajer.
Individu yang menjadi manajer menangani tugas-tugas baru yangseluruhya bersifat
manajerial , yang penting diantaranya ialah menghentikan kecenderungan
untuk melaksanakan segala sesuatu seorang diri.
B.
Pengertian Manajemen
Arti manajemen :
Manajemen dalam bahasa Inggris berasal
dari kata “to manage”. Kata “manage” berasaldari bahasa Italia “managgio” dari
kata “managgiare” yang selanjutnya kata ini berasal dari bahasalatin “manus”
yang berarti tangan (hand). Kata manage dalam bahasa Perancis berarti
house-keeping (rumah tangga). Dalam kamus Webster’s New Collegiate Dictionary,
kata managementdiberikan penjelasan sebagai : the act or art of managing,
conduct, direction, and controll.
Kata manage bisa juga berarti :
- to direct and control (membimbing dan mengawasi)
- to treat with care (memperlakukan dengan seksama)
- to carry on business or affairs (mengurus perniagaan, atau persoalan-persoalan)
- to achieve one purpose (mencapai tujuan tertentu)
Selanjutnya manajemen diberi arti :
1.
Act or art or managing;
conduct; control; direction (tindakan
atau seni mengurus;memperlakukan; pengawasan; pembimbingan)
2.
The collective
body of those who manage any enterprise or
interest (badan kolektif yangmengurus sesuatu perusahaan atau
kepentingan)
Sedangkan Ilmu manajemen merupakan suatu
kumpulan pengetahuan yang disistemisasi,dikumpulkan dan diterima kebenarannya.
Hal ini dibuktikan dengan adanya metode ilmiah yangdapat digunakan dalam setiap
penyelesaian masalah dalam manajemen. Namun selain itu, beberapaahli seperti
Follet menganggap manajemen adalah sebuah seni. Hal ini disebabkan
karenakepemimpinan memerlukan kharisma, stabilitas emosi, kewibawaan,
kejujuran, kemampuanmenjalin hubungan antaramanusia yang semuanya itu banyak
ditentukan oleh bakat seseorang dan sulit dipelajari
Manajemen terbagi atas tiga bagian yaitu
Sistem, Pendekatan dan Fungsi manajemen.Pengertian dan definisi sistem adalah
suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atauelemen yang saling berinteraksi,
saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhanyang kompleks.Kata
Sistem awalnya berasal dari bahasa Yunani (sustēma) dan bahasa Latin(systēma).
Berikut ini ada beberapa pengertian sistem yang diambil dari berbagai sumber.
- Pengertian dan definisi sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atauelemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks.
- Kesatuan gagasan yang terorganisir dan saling terikat satu sama lain.
- Kumpulan dari objek atau fenomena yang disatukan bersama untuk tujuan klasifikasi atauanalisis.
- Adanya suatu kondisi harmonis dan interaksi yang teratur.
Dalam definisi yang paling umum, sebuah
sistem adalah sekumpulan objek/benda yang memilikihubungan diantara mereka.
Biar lebih jelas, mari kita lihat contoh berikut ini.
Contoh konkret dari sebuah sistem
diantaranya:
- Organ tubuh manusia yang membentuk beragam sistem. Sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem eksresi, sistem saraf, sistem kerangka, dll.
- Komponen elektronik komputer yang membentuk sistem komunikasi, sistem perangkatlunak, sistem perangkat keras, sistem jaringan, dll.
- Rakyat Indonesia yang membentuk beragam sistem di Negara kita. Sistem pemerintahan,sistem keamanan, sistem hukum, sistem kebudayaan, dll
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen
dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan
dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai
tujuan, yaitu sebagai berikut :
- Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengansumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakandan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakanuntuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpentingdari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnyatak dapat berjalan.
- Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagitersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apayang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugastersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, padatingkatan mana keputusan harus diambil.
- Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaanmanajerial dan usaha. bersambung..... ......................................................................ke Manajemen 2
http://muftikomputer.blogspot.com/
ReplyDelete