Mau Nyari Apa ?

Saturday, August 4, 2012

Manajemen


BAB I
PENDAHULUAN
SISTEM, PENDEKATAN DAN FUNGSI MANAJEMEN

A. Latar Belakang
Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Beberapa orangmelihatnya (dengan definisi) sebagai konseptualisasi modern akhir (late modern conceptualization).Dalam istilah tersebut manajemen tidak memiliki sejarah pra-modern, hanya merupakan pertanda.Beberapa orang lainnya, mendeteksi aktivitas mirip-manajemen di masa pra-modern. Beberapa penulis melacak perkembangan pemikiran manajemen pada pedagang-pedangan Sumeria dan pembangun piramid Mesir. Para pemilik budak selama berabad-abad menghadapi permasalahaneksploitasi/memotivasi budak yang bergantung namun terkadang suka melawan (memaksa otoritas),namun banyak perusahaan pra-industri, dengan skala mereka yang kecil, tidak merasa terdorongungtuk menghadapi permasalahan manajemen secara sistematis. namun, inovasi seperti penyebaransistem angka Hindu-Arab (abad ke-5 hingga ke15) dan kodifikasi kesekretariatan entri-ganda(1494) menyediakan perangkat untuk penilaian, perencanaan dan kendali manajemen.
Manajemen merupakan sebuah kegiatan; pelaksanaannya disebut manajing dan orang yangmelakukannya disebut manajer. Individu yang menjadi manajer menangani tugas-tugas baru yangseluruhya bersifat manajerial , yang penting diantaranya ialah menghentikan kecenderungan untuk melaksanakan segala sesuatu seorang diri.



B.  Pengertian Manajemen
Arti manajemen :
Manajemen dalam bahasa Inggris berasal dari kata “to manage”. Kata “manage” berasaldari bahasa Italia “managgio” dari kata “managgiare” yang selanjutnya kata ini berasal dari bahasalatin “manus” yang berarti tangan (hand). Kata manage dalam bahasa Perancis berarti house-keeping (rumah tangga). Dalam kamus Webster’s New Collegiate Dictionary, kata managementdiberikan penjelasan sebagai : the act or art of managing, conduct, direction, and controll.
Kata manage bisa juga berarti :
  1. to direct and control (membimbing dan mengawasi) 
  2. to treat with care (memperlakukan dengan seksama)
  3. to carry on business or affairs (mengurus perniagaan, atau persoalan-persoalan)
  4. to achieve one purpose (mencapai tujuan tertentu)
Selanjutnya manajemen diberi arti :
1.        Act or art or managing; conduct; control; direction (tindakan atau seni mengurus;memperlakukan; pengawasan; pembimbingan)
2.        The collective body of those who manage any enterprise or interest (badan kolektif yangmengurus sesuatu perusahaan atau kepentingan)
Sedangkan Ilmu manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disistemisasi,dikumpulkan dan diterima kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode ilmiah yangdapat digunakan dalam setiap penyelesaian masalah dalam manajemen. Namun selain itu, beberapaahli seperti Follet menganggap manajemen adalah sebuah seni. Hal ini disebabkan karenakepemimpinan memerlukan kharisma, stabilitas emosi, kewibawaan, kejujuran, kemampuanmenjalin hubungan antaramanusia yang semuanya itu banyak ditentukan oleh bakat seseorang dan sulit dipelajari
Manajemen terbagi atas tiga bagian yaitu Sistem, Pendekatan dan Fungsi manajemen.Pengertian dan definisi sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atauelemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhanyang kompleks.Kata Sistem awalnya berasal dari bahasa Yunani (sustēma) dan bahasa Latin(systēma). Berikut ini ada beberapa pengertian sistem yang diambil dari berbagai sumber.
  1. Pengertian dan definisi sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atauelemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks.
  2. Kesatuan gagasan yang terorganisir dan saling terikat satu sama lain.
  3. Kumpulan dari objek atau fenomena yang disatukan bersama untuk tujuan klasifikasi atauanalisis.
  4. Adanya suatu kondisi harmonis dan interaksi yang teratur.
Dalam definisi yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan objek/benda yang memilikihubungan diantara mereka. Biar lebih jelas, mari kita lihat contoh berikut ini.
Contoh konkret dari sebuah sistem diantaranya:
  • Organ tubuh manusia yang membentuk beragam sistem. Sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem eksresi, sistem saraf, sistem kerangka, dll.
  • Komponen elektronik komputer yang membentuk sistem komunikasi, sistem perangkatlunak, sistem perangkat keras, sistem jaringan, dll.
  • Rakyat Indonesia yang membentuk beragam sistem di Negara kita. Sistem pemerintahan,sistem keamanan, sistem hukum, sistem kebudayaan, dll
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan, yaitu sebagai berikut :
  1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengansumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakandan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakanuntuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpentingdari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnyatak dapat berjalan. 
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagitersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apayang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugastersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, padatingkatan mana keputusan harus diambil.
  3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar  semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaanmanajerial dan usaha.                                                                    bersambung..... ......................................................................ke Manajemen 2

1 comment: