BAB II
PEMBAHASANPLANING
( PERENCANAAN )
1. Pengertian
Planing (Perencanaan)
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses
mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu,
dan mengembangkan rencana aktivitas kerjaorganisasi. Perencanaan merupakan
proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena
tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain-pengorganisasian, pengarahan, dan
pengontrolan tak akan dapat berjalan. Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal.Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersamaanggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harusdilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakanrencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui danmenjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas danmenciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.Perencanaan: memutuskan apa yang perencanaanharus terjadi di masa depan (hari ini, minggudepan, bulan depan, tahun depan, setelah lima tahun, dsb.) dan membuat rencana untuk dilaksanakanPengorganisasian: membuat penggunaan maksimal dari sumberdaya yangdibutuhkan untuk melaksanakan rencana dnegan baik Leading/Kepemimpinan dan motivasi: memakai kemampuan di area ini untuk membuat yang lain mengambil peran dengan efektif dalam mencapai suatu rencana.Kadang bagian ini sering disebut Penggerakan (Actuating).Pengendalian: monitoting/controlling - memantau kemajuan rencana, yangmungkin membutuhkan perubahan tergantung apa yang terjadi.
pengontrolan tak akan dapat berjalan. Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal.Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersamaanggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harusdilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakanrencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui danmenjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas danmenciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.Perencanaan: memutuskan apa yang perencanaanharus terjadi di masa depan (hari ini, minggudepan, bulan depan, tahun depan, setelah lima tahun, dsb.) dan membuat rencana untuk dilaksanakanPengorganisasian: membuat penggunaan maksimal dari sumberdaya yangdibutuhkan untuk melaksanakan rencana dnegan baik Leading/Kepemimpinan dan motivasi: memakai kemampuan di area ini untuk membuat yang lain mengambil peran dengan efektif dalam mencapai suatu rencana.Kadang bagian ini sering disebut Penggerakan (Actuating).Pengendalian: monitoting/controlling - memantau kemajuan rencana, yangmungkin membutuhkan perubahan tergantung apa yang terjadi.
No comments:
Post a Comment